1. Pendekatan pembelajaran merupakan titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran, yang merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum, yang akan melatarbelakangi metode pembelajaran tertentu. Pada proses pembelajaran terdapat dua jenis pendekatan, yaitu: (1) pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada siswa (student centered approach) dan (2) pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada guru (teacher centered approach).
Setelah menetapkan pendekatan pembelajaran selanjutnya diturunkan kedalam strategi pembelajaran.
Strategi pembelajaran sifatnya masih konseptual dan untuk mengimplementasikannya digunakan berbagai metode pembelajaran tertentu. Dengan kata lain, strategi merupakan a plan of operation achieving something sedangkan metode adalah a way in achieving something. Baca selengkapnya...Jadi, metode pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran. Singkatnya, metode pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam strategi pembelajaran yang akan diterapkan.
2. Analisis komponen strategi pembelajaran untuk rancangan pembelajaran berbasis pada kompetensi dasar menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi dan proses kelainan penyakit yang dapat terjadi pada sistem ekskresi pada manusia dan hewan (misalnya pada ikan dan serangga).
a. Guru SMA Kelas XI
b. Siswa SMA Kelas XI
c. Tujuan : siswa dapat :
- mendeskripsikan struktur jaringan penyusun organ ginjal, hati, kulit, paru-paru.
- menyebutkan dua fungsi organ ekskresi (misal fungsi ginjal dan paru-paru.
- mendeskripsikan proses pembentukan urin (filtrasi, reabsorbsi, dan augmentasi).
- menuliskan zat-zat yang terkandung dalam urin (misal amonia).
- memberi contoh kelainan dan penyakit yang menyerang sistem ekskresi manusia
- menentukan struktur penyusun sistem ekskresi ikan
- menjelaskan proses sistem ekskresi (misal ekskresi ikan)
- menyebutkan organ ekskresi pada ikan
d. Metode :
- picture and picture
- diskusi kelompok
- presentasi dan tanya jawab
e. Prosedur :
- guru menyiapkan gambar/slide yang berkaitan dengan materi
- guru memberikan pengantar materi
- siswa membuat kelompok dengan bimbingan guru
- setiap kelompok diberi tugas untuk menganalisis gambar yang ditayangkan terkait materi
- setiap kelompok berdiskusi dan guru mengamati kegiatan siswa dalam berdiskusi
- setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya dan kelompok lain menanggapi
- siswa dengan bimbingan guru membuat kesimpulan
- guru memberikan penugasan dan tes formatif untuk menilai hasil belajar
f. Alat, Bahan dan Sumber Belajar
- slide mengenai sistem eksresi
- LCD
- gambar-gambar terkait materi
- naskah/guntingan koran, majalah terkait sistem ekskresi
- Buku Paket SMA Kelas XI, Penerbit Erlangga
g. Penilaian :
- penilaian tes
- penilaian observasi/pengamatan terhadap kegiatan diskusi siswa
- penugasan
h. Lingkungan belajar
- ruang kelas/laboratorium
3. Rancangan strategi pembelajaran pada kompetensi dasar menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan (misalnya ruminansia) : (DISCOVERY LEARNING)
a. menetapkan indikator yang ingin dicapai, yaitu siswa dapat :
- mendeskripsikan organ yang berperan dalam sistem pencernaan
- menjelaskan urutan dan proses pencernaan makanan
- memberi contoh kelainan/penyakit yang menyerang sistem pencernaan
b. menentukan tujuan pembelajaran : siswa dapat :
- menyebutkan organ yang berperan dalam sistem pencernaan makanan beserta fungsinya
- menjelaskan pencernaan mekanis dan kimiawi
- mendeskripsikan saluran pencernaan, kelenjar pencernaan dan enzim yang berperan
- menyebutkan fungsi enzim
- menyebutkan kelainan/penyakit yang menyerang sistem pencernaan
c. Langkah-langkah pembelajaran (STUDENT CENTERED LEARNING) :
- guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang harus dikuasai
- guru menampilkan gambar bermacam-macam makanan kemudian slide mengenai proses pencernaan makanan pada manusia
- siswa mencermati gambar dan slide yang diberikan guru
- siswa membentuk kelompok dengan arahan guru yang masing-masing kelompok terdiri dari 4 orang
- setiap kelompok ditugaskan untuk menganalisis potongan gambar organ yang diberikan oleh guru berdasarkan literatur/buku yang ada
- siswa dalam kelompok berdiskusi untuk menganalisis nama organ, fungsi, enzim (nama dan fungsinya) dan kelainan/penyakit yang dapat enyerang organ tsb
- setiap kelompok berkoordinasi untuk mengurutkan potongan gambar tersebut menjadi urutan sistem pencernaan manusia yang benar
- setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya
- siswa dengan dibimbing guru menyimpulkan hasil diskusi terkait materi
- guru memberi penilaian, bisa tes formatif maupun observasi selama proses diskusi berlangsung
Tidak ada komentar:
Posting Komentar