Kamis, 27 Januari 2011

Contoh program kerja bidang kurikulum, kesiswaan, sarana dan prasarana serta humas SMP Islam Al-Fath

Berikut ini saya menyajikan beberapa sasaran program kerja sekolah bidang kurikulum, kesiswaan, sarana dan prasarana, humas, ketenagaan dan tata usaha di SMP Islam Al-Fath, desa Tlogopayung, Kec. Plantungan, Kendal, Jateng.  Walau tentu masih jauh dari sempurna, semoga setidaknya bisa berbagi, terutama bagi yang membutuhkan.

I. PROGRAM BID. KURIKULUM

Sasaran :
1.    Mempelajari, mendalami dan berusaha menerapkan dengan sebaik-baiknya berbagai Pedoman/Panduan Kurikulum KTSP yang diterbitkan oleh Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional RI, antara lain yaitu :
      1.1.    Mendalami isi Buku Kurikulum KTSP, anjangsana dengan SMP Negeri di wilayah Plantungan, konsultasi secara rutin dengan Dinas P & K Kec. Plantungan maupun Dinas P & K Kab. Kendal, mengundang nara sumber baik dari Pusat Kurikulum maupun dari Dinas Dikdas Kabupaten.
1.2. Pedoman Manajemen Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi  Baca selengkapnya...
1.3. Pedoman Umum Pengembangan Silabus Berbasis Kompetensi Siswa SMP
1.4. Pedoman Pembelajaran Tuntas
1.5. Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar
1.6. Pedoman Merancang Sumber Belajar
1.7. Pedoman Supervisi Pengajaran
1.8. Pedoman Umum Pengembangan Sistem Penilaian Hasil Belajar Berbasis Kompetensi Siswa SMP
1.9. Pedoman Pengolahan Data untuk Pelaporan Hasil Belajar, dan pedoman lainnya
2.    Menyusun Program Pembelajaran
2.1. Membuat Program Tahunan, 4 Tahunan dan 8 Tahunan, Program Semester, Satuan Pelajaran dan Rencana Pengajaran masing-masing bidang studi.
3.    Melaksanakan Program
3.1. Melaksanakan Kegiatan pembelajaran sesuai rencana pengajaran dan jadwal pelajaran
4.       Mengadakan EvaluaSI
4.1. Memberikan tugas-tugas kepada siswa dan dinilai
4.2. Mengadakan ulangan harian dan atau ulangan blok minimal 3x setiap semester
4.3. Mengadakan ulangan akhir semester bagi kelas I.
4.4. Mengadakan ulangan akhir semester bagi kelas I, II, III
4.5. Mengadakan try out bagi kelas III, terutama mapel yang di-UANAS-kan
4.6. Memberikan les tambahan (pendalaman/pengayaan materi) bila perlu.
5.       Mengadakan Analisa
5.1. Mengadakan analisa tentang hasil ulangan
5.2. Mengadakan analisa butir-butir soal.
6.       Perbaikan dan Pengayaan
6.1. Mengulas ulang materi yang belum dikuasai
6.2. Siswa yang belum berhasil diberikan kesempatan ulangan perbaikan baik klasikal maupun perorangan (siswa mendapat kurang dari enam )
6.3. Siswa yang berhasil diberi pengayaaan (siswa yang mendapat nilai ³ 6.01)
7.       Membuat Laporan Kemajuan
7.1. Memberitahukan kepada orangtua/wali murid tentang nilai ulangan melalui pengembalian kertas ulangan
7.2. Penyampaian rapor sesuai tanggal yang sudah ditentukan.
8.       Kegiatan Ekstrakurikuler
8.1. Latihan olahraga secara intensif, meliputi : atletik, sepakbola, bola volley, dan berenang
8.2. Mengaktifkan Pramuka, UKS, Paskibra, Sanggar Kesenian, dan KIR (Kelompok Ilmiah Remaja)
8.3. Mengaktifkan seksi-seksi OSIS yang berhubungan dengan kegiatan ekstrakurikuler dan pelatihan keorganisasian
8.4. Memberikan pelajaran dan pelatihan komputer.
8.5. Untuk masa mendatang SMP Islam Al-Fath berencana dengan sungguh-sungguh untuk membekali siswa dengan kegiatan ketrampilan kemandirian berbasis kompetensi daerah.  Ketrampilan yang sudah dipersiapkan adalah Peternakan : beternak Ayam Kampung Unggul, dan Pertanian/Kehutanan : pembibitan Sengon dan tanaman kehutanan/buah-buahan dalam rangka rehabilitasi lahan kritis sekaligus meningkatkan pendapatan masyarakat.
9.    Jadwal pelajaran terlampir.

10.  Bidang Studi yang Diajarkan pada SMP Islam Al-Fath

No

Bidang Studi

Jml Jam
Pengampu
1
Matematika
4
Mr. Subli Daryono,S.Pd/Miss Felisstya H
2
Bahasa Indonesia
4
Mr. Arif Fitrian, S.Pdi
3
Bahasa Inggris
4
Mr. Alief Ardi, S.Hut
4
Sains Fisika
2
Mr. Sutarno, B.Sc
5
Sains Kimia
1
Mr. Sutarno, B.Sc
6
Sains Biologi
2
Mr. Alief Ardi, S.Hut
7
PKn
2
Mr. H. Ahmad Nurkholis, S.Ag
8
Sejarah
2
Mr. Ahmad Munir N
9
Geografi
1
Mrs. Farida Nur’aeni, S.Ip
10
Ekonomi
2
Mrs. Farida Nur’aeni, S.Ip
11
Penjaskes
2
Mr. Imam Supriadi, A.Md
12
Seni Budaya dan Ketrampilan
2
Mr. Zaenudin
13
Teknologi Informasi Komunikasi
2
Mr. Ahmad Mustaghfirin
14
BK
1
Mr. Sutarno, B.Sc

Agama :


14
Bahasa Arab
2
Mr. Ky. Syamsuhudillah Nur
15
Al-Qur’an Hadits
1
Mr. Ahmad Sonhaji
16
Fiqih
1
Mr. Ahmad Sonhaji
17
Aqidah Akhlak
1
Mr. Ahmad Sonhaji
18
Sejarah Kebudayaan Islam
1
Mr. Zaenudin

Muatan Lokal :


19
Bahasa Jawa
2
Mr. Rachmat
20
Ketrampilan Elektronika
2
Mr. Ahmad Mustaghfirin

Jumlah jam akademik dalam 1 minggu
43

Kegiatan pembelajaran siswa berupa PEMBIASAAN telah dilakukan di SMP Islam Al-Fath sejak pertama sekali sekolah ini dibuka, yaitu :
1.    Upacara bendera tiap hari Senin pukul 07.00 – 07.30 WIB
2.       Pembiasaan membaca do’a sebelum dan sesudah memulai kegiatan pembelajaran secara bersama-sama setiap hari.
3.       Sholat zhuhur berjama’ah setiap hari pukul 11.45 – 12.00 WIB.
4.       Tadarus Al-Qur’an sebelum memulai kegiatan pembelajaran, khususnya di Bulan Suci Ramadlan.
  
II. PROGRAM BID. KESISWAAN
Sasaran :
1.    Penerimaan Siswa Baru (PSB)
1.1.        Mengikuti Juknis PSB dari Dinas P&K Kendal
1.2.        Pelaksanaan PSB dibentuk panitia di sekolah
2.       Penyusunan Kelas
2.1.        Penyusunan siswa kelas I, II, III
2.2.        Pengaturan kelas, pembentukan struktur organisasi pengurus kelas, daftar piket
2.3.        Pengadaan buku kelas, buku absen, buku nilai, jurnal kelas
2.4.        Pengisian buku induk siswa, buku leger, raport
3.       Pembukaan Tahun Pelajaran mulai 2005/2006, MOS
3.1.        Upacara hari pertama masuk sekolah tanggal 18 Juli 2005 dan seterusnya
3.2.        Pengenalan sekolah dan lingkungannya kepada siswa kelas I (MOS)
3.3.        Penyampaian Tata Tertib Sekolah, Wawasan Wiyata Mandala, Cara Belajar Efektif
3.4.        Pelaksanaan/penegakan aturan Tata Tertib Sekolah
3.5.        Menegakkan BUDAYA MALU SISWA SMP ISLAM AL-FATH :
1.       Malu Bila Tidak Sholat
2.       Malu Bila Tidak Patuh Pada Orangtua
3.       Malu Bila Melanggar Peraturan Sekolah
4.       Malu Bila Tidak Berprestasi
5.       Malu Bila Tidak Menyayangi Teman Sekolah dan Lingkungan Sekitar Sekolah
4.       Pemilihan  Pengurus OSIS Baru
4.1.        Pemilihan atau penyempurnaan pengurus OSIS diadakan pada bulan Agustus, minggu ke-III
4.2.        Inventarisasi siswa yang berprestasi dan berbakat
4.3.        Inventarisasi siswa miskin dan kurang mampu
4.4.        Penyampaian program kerja, Pemilihan, Pelatihan dan Penataran Pengurus OSIS
5.       Hari-hari Perayaan Nasional
5.1.        Perayaan Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei
5.2.        Perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus
5.3.        Perayaan Hari Kesaktian Pancasila, 1 Oktober
5.4.        Perayaan Sumpah Pemuda, 28 Oktober
5.5.        Perayaan Hari Pahlawan, 10 Nopember
6.       Pembinaan Kerohanian
6.1.        Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW
6.2.        Perayaan Hari Raya Idul Fitri
6.3.        Perayaan Hari Raya Idul Adha
6.4.        Kegiatan Rohani Agama Islam/kegiatan Pesantren Kilat pada bulan Ramadhan, bekerjasama dengan Pondok Pesantren lokal.
6.5.        Kegiatan  ISTIGHOSAH

III. PROGRAM BID. KETENAGAAN PENDIDIK DAN KARYAWAN

Sasaran :
1.    Perekrutan guru/karyawan dilakukan dengan tetap mengacu pada peraturan/petunjuk dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, dengan tetap memperhatikan kualifikasi dan kompetensi yang telah ditetapkan (MINIMAL D3/S1).
2.    Mengikutsertakan guru/karyawan, jika ada penataran/pelatihan untuk meningkatkan kualitas guru/karyawan.
5.       Mengikuti rapat-rapat/pertemuan yang diadakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan atau instansi lainnya yang berkaitan dengan masalah pendidikan
6.       Menjalin kerjasama dengan Dinas/Instansi/Badan Pemerintah mapun Swasta, terutama demi pengembangan kegiatan ekstrakurikuler dan pemenuhan materi ketrampilan kemandirian, seperti ketrampilan beternak atau bertani.
7.       Memacu guru/karyawan agar menjaga komitmen dan tetap amanah dan bersemangat dalam mendidik siswa, dengan tetap mengacu pada berbagai Pedoman Kurikulum Terbaru yang berlaku saat ini.
8.       Mendorong guru/karyawan agar terus berprestasi, meningkatkan kinerja, menciptakan inovasi dalam mengajar, melakukan penelitian-penelitian yang berkaitan dengan aktivitas pembelajaran baik internal maupun eksternal.
9.       Memperhatikan dengan sungguh-sungguh untuk memberikan yang terbaik, yaitu upah/honor guru/karyawan, tentu sesuai dengan prestasi/kinerja/jabatan yang diemban dan sesuai kemampuan Yayasan.  Pihak pengelola sekolah akan terus berusaha untuk bekerjasama dengan dinas terkait, terutama bagi guru/karyawan yang telah memenuhi kompetensi dan kualifikasi mengajar untuk diperhatikan kesejahteraannya, sebab walau bagaimanapun juga, guru swasta (disamping guru PNS) mempunyai andil yang besar bagi perjuangan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

IV. PROGRAM BID. SARANA DAN PRASARANA
Pada masa-masa mendatang, mulai tahun 2007, Sekolah berusaha mengadakan penambahan sarana dan prasarana serta meningkatkan usaha pemeliharaan yang sudah ada.  Khusus untuk pembangunan gedung sekolah, Pihak pengelola sekolah akan meminta bantuan pemerintah dari Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, DEPDIKNAS RI, (Bp. Primahadi cs) dan juga dari para Donatur, terutama Alumni SMAN 3 Jakarta.
Sasaran :
1.       Penambahan dan perbaikan
-               Penambahan ruang kelas baru hingga akhirnya 9 lokal, tergantung perkembangan jumlah siswa
-               Penambahan ruang perpustakaan 1 lokal dan buku-buku perpustakaan
-               Pembangunan ruang laboratorium Sains IPA 1 lokal dan alat-alat dan bahan-bahan praktikum IPA
-               Pembangunan ruang laboratorium komputer 1 lokal dan alat penunjang praktek komputer serta jaringan internet
-               Pembangunan Ruang TU 1 lokal dan penambahan alat penunjang administrasi
-               Pembangunan Ruang Guru 1 lokal
-               Pembagunan Ruang Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, BP, Guru Piket 1 lokal
-               Pembangunan Musholla Sekolah sebagai sarana pendidikan RUHIYYAH siswa dan guru
-               Pembangunan lapangan olahraga, volley, basket ball, badminton, sepak takraw dan tennis meja
-               Pembangunan Laboratorium Lapangan untuk pertanian, perikanan, peternakan, pembibitan tanaman maupun ketrampilan menjahit dalam rangka menujang KEMANDIRIAN DAN MENUMBUHKAN JIWA WIRAUSAHA bagi siswa dan guru.
-               Pengadaan alat-alat olahraga
-               Pengadaan meja dan bangku sekolah
-               Pengadaan meja dan kursi guru
-               Pembuatan atap parkir
-               Pembuatan rak-rak buku
2.       Pemeliharaan/Perawatan
-                Gedung
         Pengecatan bagian dalam maupun luar gedung serta pembersihan saluran pralon
-                Alat-alat Kantor
         Service komputer, printer dan alat-alat elektronik lainnya
-                Alat Laboratorium
         Service semua alat-alat Praktikum Sains IPA
-                Meubelair sekolah
         Perbaikan dan perawatan meja, kursi, lemari dan bangku
-                Halaman dan Taman
         Perawatan halaman dan taman sekolah secara berkesinambungan
-                Perbaikan pagar sekolah PERMANEN.

V. PROGRAM HUBUNGAN / PERAN SERTA MASYARAKAT

Sasaran :
1.    Pembentukan Komite Sekolah
2.    Rapat-rapat Pengurus Komite Sekolah
3.       Pertemuan dengan wali murid kelas I dalam rangka menyampaikan program sekolah
4.       Pertemuan Keluarga Besar Sekolah dengan masyarakat sekitar dalam rangka perayaan keagamaan, misalnya Hari Raya Idul Fitri.
5.       Mengikuti Lomba yang diadakan masyarakat sekitar
6.       Mengikuti pertandingan antar sekolah
7.       Menjalin hubungan dengan lembaga pendidikan lain
8.       Melaksanakan musyawarah sekolah
9.       Mengikuti kerja bakti dan memberi bantuan social kepada masyarakat sekitar

VI.PROGRAM PEMBINAAN ORGANISASI DAN MANAJEMEN SCOL
1.    Struktur Organisasi SMP Islam Al-Fath
      Dalam struktur, nampak pembagian tugas dan garis koordinasi serta tanggung jawab, demikian juga tentang garis komando dan kerjasama.  Struktur organisasi ini perlu dipahami, dihayati dan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.

STRUKTUR ORGANISASI
SMP Islam AL-FATH








                                                     KEPALA SEKOLAH                            KOMITE
                                                                                                                   SEKOLAH












        
         TATA USAHA                                                                                  BENDAHARA







 


URS KURIKULUM            URS SAPRAS           URS HUMAS            URS KESISWAAN
















 


KOORDINATOR                                                                                      WALI
MATA PELAJARAN                                                                                 KELAS



                                                              G  U  R  U





                                                          
2.    Peranan Guru
      Masing-masing guru merupakan bagian yang tak terpisahkan dari SMP Islam AL-FATH, maka semua guru sepenuhnya mengemban misi sekolah.  Secara khusus sebagai guru mata pelajaran wajib :
2.1.        Menguasai secara menyeluruh materi pelajaran yang diajarkan
2.2.        Memberi dorongan secara terus-menerus kepada siswa melalui sapaan, pujian, teguran dan hukuman sesuai kondisi yang ada pada saat itu
2.3.        Menjadi teladan bagi para siswa baik dalam penampilan maupun dalam pelaksanaan tugas
2.4.        Secara bersama-sama menciptakan suasana kekeluargaan dan persahabatan tanpa meninggalkan tugas dan jabatan.
2.5.        Membuat semua program yang dibutuhkan sebagai guru mata pelajaran, menjalankannya, memberi evaluasi, menganalisa hasil evaluasi dan soal serta memberikan perbaikan dan pengayaan.

Artikel terkait lainnya :
1.  tips-sukses-lulus-ujian-nasional
2.  Tips untuk-orangtua-peduli-ujian-nasional
3.  Program-sukses-ujian-nasional
4. Buku-tanya-jawab-un2011-gratis

5.  Tips-gratis-sukses-meraih-beasiswa
6.  Proposal-pembangunan-perpustakaan-sekolah
7.  Program-kerja-wakil-kepala-urusan, tata usaha, guru dan komite sekolah
8.  Tugas-kepala-sekolah-wakil-kepala-guru, tata usaha, bendahara, wali kelas dan komite sekolah
9.  Kinds-of-monologue-text in English

1 komentar: