Sabtu, 01 Januari 2011

Tips gratis sukses meraih beasiswa (untuk kuliah)


Siapa sih yang tidak ingin mendapat beasiswa untuk membiayai kuliah kita ?  Umumnya semua merasa ingin.  Jarang lho yang dapetin beasiswa seperti kita, ada perasaan bangga pastinya.  Biasanya yang dapat beasiswa itu selain karena prestasi, juga masalah ekonomi.  Alhamdulillah, jelek-jelek begini, diriku pernah lho mendapat beasiswa sebanyak tiga kali.

Bagi temen dan sahabat yang ingin mendapatkan beasiswa, saya mau membagi tips mudah meraih beasiswa.  Ini di tipsnya.  Baca selengkapnya...



1.  Belajar yang baik dan berdo'a.
 Ya jelaslah, kan syarat mendapatkan nilai yang baik yaitu salah satunya nilai/prestasi kita selama kuliah bagus.  Jangan lupa berdo'a sama ALLAH supaya dimudahkan.

2.  Sebaiknya kita menempuh kuliah di perguruan tinggi yang terakreditasi (negeri atau swasta), karena instansi pemberi beasiswa mengharuskan syarat ini.  Jadi sebelum mendaftar kuliah, cek dulu apakah PT tsb sudah terakreditasi apa belum.  Oya, Universitas Terbuka termasuk PT yang terakreditasi oleh Pemerintah.

3.  Cari info mengenai beasiswa sebanyak-banyaknya.  Kita bisa mencari lewat PT yang dimana kita sedang kuliah, atau lewat media massa, internet, bahkan lewat teman-teman yang sudah meraih beasiswa dsb.  Pasti banyak kok, nah nanti kita lihat syarat-syarat beasiswa dan kita sesuaikan dengan kondisi kita. Mudah bukan ?  Langsung hubungi instansi pilihan kita tsb dan tentu saja, konsultasikan dengan orangtua kita.

4.  Kemudian penuhi syarat-syarat yang diperlukan secepatnya.  Jangan sampai terlewat tanggalnya ya.  Sebaiknya anda kalau memungkinkan, antar sendiri berkas pelamaran beasiswa tersebut ke instansi bersangkutan, kemudian mintalah no HP/telpon orang di instansi tsb yang sewaktu-waktu bisa kita hubungi.  Ini penting untuk mengecek perkembangan lamaran kita. 

5.  Nah, untuk persiapan maupun juga ini sangat berguna untuk pelaporan beasiswa nantinya (setelah kita dapat), semua kartu/bukti angsuran pembayaran kuliah setiap semester simpan baik-baik, ini akan sangat berguna nantinya.  Bahkan kalau kita membeli buku maupun fotocopi untuk keperluan kuliah, notanya simpan saja, nanti pasti ada gunanya, percaya deh...

Menurut pengalaman saya sih, biasanya syarat mendapat beasiswa secara umum adalah :
1.  Nilai kita usahakan baik, dibuktikan dengan melampirkan nilai IP kita setiap semester
2.  Kartu mahasiswa, cepatlah diurus untuk persiapan
3.  Surat Keterangan masih kuliah, bisa meminta bagian adminstrasi PT ybs
4.  Bagi yang sudah berkerja (di sekolah), ada surat keterangan masih mengajar dari kepala sekolah.
5.  Ada beberapa instansi yang mensyaratkan surat keterangan tidak mampu dari pemerintah desa setempat, tak masalah.
6.  Surat keterangan sudah terakreditasi untuk PT ybs.
7.  Hal-hal/syarat lain tergantung instansi penerima.

Saya rasa cukup dulu ya...semoga berhasil dan jangan lupa berdo'alah senantiasa, terutama bagi yang sedang kuliah jauh dari orangtua, yang semangat !!!  (soalnya diri ini sudah pernah mengalami).   Semoga sukses...amiin YRA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar