Sabtu, 01 Januari 2011

Tips sukses lulus PLPG

Pada artikel yang lalu mengenai tips menyusun dokumen portofolio untuk sertifikasi guru , nilai saya dokumen portofolio saya ternyata kurang dari 850 (maklum jam terbang masih sedikit..hehe..) sehingga saya diharuskan untuk mengikuti PLPG (Pendidikan dan Latihan Profesi Guru) di Unnes Semarang selama 9 hari.  Berikut tips praktis supaya dapat lulus PLPG.

Tips kali ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya mengikuti PLPG (Pendidikan dan Latihan Profesi Guru) selama 9 hari di Griya Patemon, Gunung Pati, Semarang, dalam rangka sertifikasi guru.  Saya diwajibkan untuk mengikuti PLPG dikarenakan nilai portofolio saya tidak mencukupi (< 850).  PLPG dimulai pada tgl 12 – 20 Juli 2010.  Semua guru yang ikut PLPG pasti ingin supaya lulus, syukur-syukur dengan nilai baik, termasuk saya juga lah…hehe…  Baca selengkapnya...
Bagi saya tadinya disuruh ikut PLPG rasanya agak bagaimana gitu, soalnya ada beberapa teman yang langsung bisa lulus sertifikasi lewat jalur portofolio. Saya maklumlah, selain karena masih muda juga pengalaman mengajar saya masih sedikit (baru 7 tahun). Belakangan setelah saya menempuh PLPG, wuaaahhh….rasanya nikmat luar biasa, pengalaman, teman serta ilmu yang didapat sungguh berlimpah, gratis lagi…hehe.

Nah, langsung saja ya.  Tips akan saya bagi menjadi 2, yaitu sebelum mulai PLPG dan selama PLPG. Berikut ini tipsnya :

A. SEBELUM PLPG/PERSIAPAN

1. Pastikan bahwa diri anda termasuk peserta PLPG, bisa dicek di Dinas Pendidikan atau Kantor Depag kabupaten.
2. Cek lokasi PLPG, ada di surat tugas yang diberikan Dinas Pendidikan atau Kantor Depag kabupaten.
3. Jika ada teman yang satu kabupaten dengan anda yang juga ikut PLPG, hubungi siapa tahu bisa berangkat berombongan, terutama jika lokasi PLPG cukup jauh dari kota anda. Teman sekelas PLPG saya ada yang dari Tegal, Brebes, Pekalongan dll.
4. Persiapkan pakaian anda. Selama PLPG, di dalam kelas, kita diperbolehkan hanya memakai kemeja putih dan celana panjang hitam. Oleh karena itu sebaiknya kita membawa kemeja putih dan celana panjang hitam masing-masing 2 stel.
5. Bawa perangkat mengajar anda, silabus, RPP dan buku paket pelajaran serta buku tulis sesuai dengan mapel sertifikasi
6. Jikalau anda mempunyai LAPTOP dan FLASHDISK, ada baiknya anda bawa. Pastikan di Laptop anda sudah tersimpan file perangkat mengajar anda. Jika anda mempunyai file powerpoint yang biasa anda buat dan tampilkan pada waktu mengajar ada baiknya simpan di laptop anda.
7. Yang terakhir, jangan lupa barang/alat untuk keperluan sehari-hari anda selama menginap waktu PLPG, baju, kaos, celana panjang, sarung, pasta gigi, sikat, sandal hingga HP untuk sewaktu-waktu anda berhubungan dg orang rumah.

Nah, ini tips selama PLPG. Simak ya…

B. SELAMA PLPG
1. Setelah kita sampai di lokasi PLPG, maka daftarkan diri anda ke Panitia untuk mendapatkan kamar/penginapan serta kelas PLPG anda. Kalau bisa anda dan teman-teman yang satu mapel jangan terlalu berjauhan kamarnya sehingga nanti sewaktu berdiskusi atau membuat tugas lebih mudah berinteraksi.
2. saling berkenalan dengan dengan sesama teman sekelas PLPG
3. jangan duduk terlalu belakang di dalam kelas, hal ini berkaitan dengan penglihatan dan perhatian kita selama pelajaran
4. Baca buku panduan PLPG yang kita terima, biasanya ada beberapa soal ujian nantinya yang keluar dari buku itu. Selain itu, perhatikan baik-baik selama materi PLPG disampaikan (ihh, kayak nasehatin murid kita aja nih…hehe..)
5. catat materi dan poin-poin yang anda anggap penting. NIH ada BOCORAN untuk anda !…Ada beberapa dosen yang pada waktu memberi materi menekankan poin-poin tertentu dan diulang-ulang, nah itu kemungkinan soal yang akan diujikan waktu TES TERTULIS hari terakhir.
6. selama PLPG kita belajar mulai jam 07.30 – 21.00. Nah, bisa dibayangkan betapa penatnya kita. Tapi jangan kuatir, enjoy saja. Nikmati jajanan atau makanan yang disajikan, walau mungkin agak kurang cocok, ya dicocok2in lah supaya kondisi tubuh kita tetap fit dan sehat. INGAT ! JAGA KESEHATAN TUBUH, sebab jika tubuh kita sehat, maka kita bisa mengerjakan semua tugas-tugas PLPG yang bejibun banyaknya.
7. Nah, jika kita bisa bawa laptop, begini maksud saya, stiap selesai materi oleh dosen, usahakan copy materi yang baru disampaikan melalui flashdisk kemudian copy ke laptop kita, kemudian setiap selesai pelajaran, bisa dibaca di kamar kita. Saya justru ndak pernah fotocopy handout dari dosen selama PLPG, sebab terkadang fotocopinya gak jelas, dan tak bisa warna. Kalo lihat di laptop kan sama persis aslinya, apalagi kalo formatnya film, wah sangat membantu deh.
8. Kerjakan semua tugas dari dosen dengan baik
9. Aktif bertanya dan memberi tanggapan selama diskusi, karena keaktifan kita di kelas DINILAI.
10. Janganlah sekali-sekali absen selama pelajaran/PLPG
11. Seringlah diskusi dengan teman-teman untuk berbagi dan lebih mengingat materi yang diberikan
12. Kalau saya, habis pelajaran jam 21.00 biasanya sholat isya terus istrirahat sebentar kemudian tidur, habis capek banget sih. Lagipula kalo belajar malam agak ramai, soalnya 1 kamar dihuni 3-4 orang, jadi ndak bisa konsen belajarnya. Tapi, alhamdulillah saya jam 3 atau 3.30 bangun pagi, solat terus belajar. Disamping tenang karena teman sekamar biasanya sudah tidur, rasanya lebih cepat masuk deh belajarnya.
13. Oya, bagi yang muslim, JANGAN LUPA SHOLAT LIMA WAKTU ya. Usahakan pula selama istirahat SHOLAT DHUHA dan bangun di tengah malam untuk SHOLAT TAHAJUD supaya kita dimudahkan dalam menempuh PLPG.
14. Hari terakhir biasanya akan ada UJIAN TERTULIS. Soalnya essay/uraian semua lho, jadi kita harus paham soalnya supaya bisa menjawab dengan baik. Ada satu hal yang penting, usahakan dalam mengerjakan ujian tulis dengan usaha kita sendiri, hindari mencontek apa lagi bertanya teman. INGAT ! ANAK DAN ISTRI ANDA MENUNGGU HARTA HALAL NAN BERKAH DARI ANDA. Insya ALLAH, jika kita senantiasa berdoa dan belajar maka dengan mudah kita akan lulus PLPG. Kalaupun belum lulus, maka akan ada UJIAN TULIS ULANG. Sepanjang saya tahu, supaya kita lulus, nilai akumulati PLPG kita minimal 70 dengan nilai ujian tulis minimal 60 (nilai portofolio ikut diperhitungkan).
15. Yang terakhir dan yang paling penting : berdoa pada ALLAH (SHOLAT) dan mintalah doa orangtua kita (kalau masih ada) dan istri serta anak-anak kita. SEmoga dengan doa mereka kita kuat dan diberi kemudahan selama PLPG.

Alhamdulillah, kalau tidak salah pada tanggal 7 September 2010 kemarin, melalui pengumuman kelulusan dari Panitia PLPG Rayon XII UNNES Semarang, nama saya termasuk salah satu yang lulus PLPG. Alhamdulillah. Dari 39 teman sekelas saya, ada 14 orang yang harus mengulang ujian tulis. Semoga rekan kami yang mengulang ujian tulis bisa lulus semuanya. Amiin YRA.

Oya, ada sedikit "bocoran soal" nih...hehe...dari sekitar kalo tak salah saya ingat, semua soal ujian tulis adalah uraian semua.  Beberapa soal ujian tulis IPA yang saya ingat yaitu :
1.  apa kriteria guru professional
2. jelaskan proses terjadinya tsunami
3. katrol
4. metode pembelajaran yang tepat digunakan pada materi elektrolisis jika sekolah kita tidak mempunyai peralatan/laboratorium yg memadai
5. pengaruh jenis, luas penampang hambatan
6. membuat rencana PTK atas kasus tertentu
7. membuat daftar pustaka yang benar
8. proses glikolisis
9. dampak globalisasi terhadap produksi pertanian
10.  dan lupa lagi...hehe...

Walau saya yakin soal-soal diatas kemungkinan tak akan muncul di PLPG gelombang berikutnya, tapi setidaknya semoga berguna untuk belajar dan latihan.  Semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar