Rabu, 02 Februari 2011

Program sukses ujian nasional SMP Islam Al-Fath

Sosialisasi program sekolah kepada orangtua siswa
 Seperti tahun-tahun sebelumnya, seperti yang sudah-sudah hampir semua sekolah menjelang ujian nasional pasti mempunyai program-program yang dirancang dengan tujuan supaya siswa-siswi kita bisa lulus 100 % dengan nilai yang baik tentunya.  Baiklah, program yang akan saya tampilkan berikut ini adalah program sukses ujian nasional yang berisi langkah-langkah yang diambil SMP Islam Al-Fath berkenaan dengan ujian nasional.  Program atau langkah-langkah ini tentulah disusun oleh sekolah yaitu Kepala Sekolah beserta guru dan karyawan kemudian program yang telah dirancang disosialisasikan kepada siswa dan orang tua siswa untuk disepakati bersama.  Beberapa program tesebut yaitu :
Baca selengkapnya...


1.  mesosialisasikan POS UN, SKL dan kriteria-kriteria kelulusan ujian nasional kepada para siswa dan orangtua siswa supaya mereka paham dan sebagai dasar untuk strategi merancang program sukses UN bersama.

2.  mengadakan try out atau latihan ujian nasional sebanyak mungkin.  SMP Islam Al-Fath biasanya mengadakan hingga 6-7 kali.  Harapannya dengan semakin sering siswa berlatih soal-soal ujian nasional dengan simulasi sama persis pada saat ujian nasional sesungguhnya nanti maka dalam ujian nasional nanti tidak akan mengalami hambatan yang berarti.  Selain dari try out ke try out dan hasilnya dianalisa, kita akan dapat mengetahui perkembangan dan kesiapan siswa dalam menghadapi ujian nasional.  Soal-soal try out bisa dibuat sendiri, lewat MGMP ataupun dari buku-buku soal persiapan ujian nasional yang penting sesuaikan dengan materi, SKL dan tingkat kesulitan soal.  Yang penting juga, hasil setiap try out harus disampaikan kepada orang tua sehingga orangtua juga mengetahui dengan persis perkembangan anaknya, apakah nilainya setiap try out naik, tetap atau malah bahkan turun.  Sehingga selama persiapan UN, kami sering mengadakan pertemuan dengan orangtua siswa kelas IX.

3.  mengadakan les-les atau tambahan pelajaran untuk mata pelajaran yang di-UN-kan.  Bisa dilaksanakan pada waktu sore hari atau bahkan sebulan sebelum UN, kami mengadakan di malam hari khusus bagi siswa yang nilainya masih memprihatinkan/pas-pasan.

4.  pemadatan jam pelajaran hanya untuk mapel UN.  Biasanya kami adakan sebulan sebelum UN.  Jadi selama sebulan hanya mapel UN yang kami ajarkan kepada siswa kelas IX dengan tujuan lebih menggembleng merekan khusus mapel Bhs Indo, Matematika, Inggris dan IPA dengan sedikit teori dan lebih banyak latihan soal atau trik-trik menyelesaikan soal secara mudah.

5.  membentuk kelompok belajar yang terdiri dari siswa yang satu daerah dengan komposisi yang kita atur sehingga mereka bisa belajar dengan baik. Kita taruh beberapa siswa yang pandai dalam satu kelompok.  Kemudian supaya kelompok belajar ini berjalan dengan baik maka kita suruh untuk menyusun jadwal belajar, kita beri soal sebagai tagihannya dan kita/guru secara berkala mengadakan home visit atau kunjungan ke rumah-rumah mereka untuk memantau kegiatan elajar secara langsung.

6. membuat stasiun-stasiun atau empat-tempat atau sudut-sudut di sekolah yang biasa menjadi tempat berkerumun siswa kemudian kita tempeli dengan rumus-rumus atau trik-trik penyelesaian soal secara singkat.  Harapannya semoga siswa dapat senantiasa belajar baik di dalam maupun di luar kelas.

7. guru mapel UN mengadakan try out sendiri, yah semacam ulangan harian gitu.  Tujuannya tentu saja untuk melatih siswa terbiasa mengerjakan soal-soal UN.  Waktu pelaksanaan Try out ini biasanya sesuai dengan jadwal mengajar guru yang bersangkutan.

8.  menganalisis hasil setiap try out.  Hal ini perlu dilakukan untuk mengetahui tipe-tipe/butir soal yang sukar, sedang maupun sulit.  Nah, setelah kita mengetahui hal tsb, maka kita dapat terus mencoba/melatihkan soal-soal bertipe sulit/sedang kepada siswa, tapi awas kita juga tetap melatihkan soal-soal yang mudah sehingga jangan sampai kita terlalu fokus kepada membahas soal-soal sulit dan sedang sehingga soal-soal yang mudah terlupakan. Lebih baik, kita fokuskan pada soal-soal yang tingkat kesukarannya sedang sembari terus berlatih soal-soal mudah sehingga siswa betul-betul menguasai.

9.  menempel hasil setiap try out di papan pengumunan sekolah.  Hal ini akan membuat bangga siswa yang nilainya baik, sebaliknya membuat malu siswa yang nilainya jelek.  Namun, kepada siswa yang nilainya jelek, tetap harus kita nasehati supaya terus bersemangat untuk dapat meningkatkan nilainya dari try out ke try out, tanamkan pada mereka bahwa hasil try out belum mencerminkan kelulusan 100% tapi setidaknya kalau kita latihan yang sungguh-sungguh maka hasilnya di kala UN nanti pasti baik.

10.  memberikan soal-soal UN tahun lalu atau soal-soal try out khusus kepada siswa-siswa yang nilainya masih rendah supaya dikerjakan di rumah.  Penugasan ini diharapkan akan membuat siswa tsb mau tidak mau berlatih lebih serius di sekolah dan juga di rumah, tapi ingat !  hasil pekerjaan siswa sebaiknya dikoreksi dan memberikan umpan balik terutama pada soal-soal yang masih dijawab salah oleh anak.  Kita perlu memberitahu kesalahannya sehingga siswa tsb bisa memperbaiki di kemudian hari.

11.  mengadakan istighotsah atau doa bersama seminggu sekali untuk semua siswa khususnya siswa kelas IX, lebih baik lagi dengan mengundang orangtua siswa.  Hal ini penting, kan...supaya sukses selain berusaha dan belajar serta berlatih ya harus diiringi dengan do'a, insya ALLAH kita dimudahkan dalam menempuh ujian nasional.  Pengalam kami alhamdulillah selama tiga kali menempuh UN semua berakhir dengan lulus 99 %, hanya satu siswa  yang gagal selama sekolah kami tiga kali ikut UN.

Sudah disini dulu ya...ini belum selesai lho, insya ALLAH nanti saya sambung lagi...semoga bermanfaat.

Artikel terkait :

1.  tips-sukses-lulus-ujian-nasional
2.  Tips untuk-orangtua-peduli-ujian-nasional
3.  Program-sukses-ujian-nasional
4. Buku-tanya-jawab-un2011-gratis

5.  Tips-gratis-sukses-meraih-beasiswa
6.  Proposal-pembangunan-perpustakaan-sekolah
7.  Program-kerja-wakil-kepala-urusan, tata usaha, guru dan komite sekolah
8.  Tugas-kepala-sekolah-wakil-kepala-guru, tata usaha, bendahara, wali kelas dan komite sekolah
9.  Kinds-of-monologue-text in English

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar